Halaman

Senin, 09 Juli 2012

Installasi MikroTik


Mikrotik merupakan system operasi jaringan (operating system network) yang banyak digunakan oleh Internet Service Provider (ISP) untuk keperluan firewall atau router network.

Mikrotik menjadikan router network yang handal yang dilengkapi berbagai fitur dan tool, baik untuk jaringan kabel maupun wireless.

Sebelum melakukan instalasi, pastikan computer yang akan diinstall mikrotik mempunyai spesifikasi minimal 2 NIC, RAM 128 MB, HDD 4 GB, processor Pentium III 800MHz. Namun jika hanya dibutuhkan sebagai router dan bandwidth limiter (BW Management) dapat dilakukan dikomputer Pentium II atau bahkan Pentium I dengan spesifikasi RAM dibawah 128 MB dan HDD dibawah 4 GB.

Untuk melakukan instalasi MikrotikOS dengan CD, anda bisa mendownload file mikrotik.iso dari www.mikrotik.com atau bisa juga klik disini.
Setelah file iso didownload lakukan burn CD. Adapun langkah instalasi adalah sebagai berikut :

  • Set BIOS untuk booting melalui CDROOM
  • Setelah proses booting akan muncul menu pilihan software yang mau diinstalasi, pilih sesuai kebutuhan dengan menekan arah panah dan memilih dengan menekan "spasi", dan jika ingin instalasi semua menu tekan huruf "a".

  • Tekan huruf "i" untuk memulai installasi, lalu akan muncul pilihan dan ketik "n" agar tidak menyimpan konfigurasi yang lama, setelah anda ketik "y" akan dikuti proses pembuatan partisi dan format disk, seperti gambar berikut :


  • Setelah proses instalasi paket software selesai maka kita akan diminta untuk merestart system. Tekan "enter" untuk merestart. 
 
  • Setelah itu akan muncul menu login
  • ketikkan admin, dan password kosong saja karena baru menginstal, sehingga password masih kosong.
  • Setelah itu tekan enter beberapa kali sampai muncul prompt untuk command line.

  • Instalasi selesai.

Kita juga bisa mencobanya di virtual mesin seperti VMware, VBox, dan sebagainya, dengan menghidupkan 2 NIC (network adapters) pada virtual mesin tersebut dan disetting pada NAT dan Bridge.

Untuk download file iso mikrotik versi 5.12 bisa klik disini

Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar