Halaman

Kamis, 05 Juli 2012

Noiseware Community Edition Ver. 2.6

Mungkin kita pernah mengalami ketika sedang mengabadikan sebuah moment yang harus dikenang dengan kamera handphone, tetapi ketika dilihat hasilnya warna dari foto tersebut tidak bersih alias banyak noise-nya.

Hal itu wajar terjadi karena mungkin kamera handphone yang kita gunakan tidak memiliki fasilitas lampu blitz sehingga pada bagian-bagian yang kurang cahaya akan terlihat bintik-bintik. seperti contoh gambar dibawah ini :





kadang untuk mengatasi hal tersebut kita pinjem handphone temen yang memiliki fasilitas lampu blitz (hehehe... kayanya pengalaman pribadi neh..), atau kita edit sendiri di aplikasi seperti photoshop. Bagaimana kalau kita nggak jago banget-banget main photoshop? mau minta tolong temen editin foto kita? (hari gini....?)

tapi nyantai sob, nih ada aplikasi sederhana dan ringan pula, sering saya gunakan waktu kerja di tempat print foto handphone dulu, namanya Noiseware Community Edition.

Sofware ini adalah freeware keluaran dari imagenomic, cara menggunakannya juga mudah tinggal kita atur persentase dari luminance dan color sesuai kondisi noise yang ingin dihilangkan, klik go dan ... walah...

 before


after

Semakin besar persentase dari luminance maka semakin hilang noisenya, tapi jangan terlalu banyak karena ketajaman gambarnya akan berkurang tetapi tidak seperti efek blur, dan semakin besar persentase dari color maka semakin mengurangi noise dari warna.

sebenarnya jika hanya mensetting luminancenya saja juga sudah cukup... 
jika ingin mencobanya bisa download disini

so, nggak perlu lagi takut mengcapture foto dengan handphone tanpa blitz...
tapi jangan keseringan ntar jadi narsis... (bisa-bisa alay...)

Selamat mencoba,
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar