Halaman

Kamis, 10 Mei 2012

Straight Cable dan Crossover Cable

Banyak cara dalam penggunaan media koneksi untuk membangun suatu jaringan komputer, salah satunya yaitu dengan wired (kabel). Jenis kabel dalam jaringan komputer juga bermacam-macam, mulai dari kabel Coaxial, kabel STP (shielded twisted pair) / UTP (unshielded twisted pair) hingga FO (fiber optic).


Dalam postingan kali ini akan kita bahas tentang jaringan komputer menggunakan kabel STP/UTP, karena ini sangat mendasar sekali.  Konektor untuk tipe kabel ini menggunakan RJ45 yg bentuknya hampir mirip seperti ujung kabel telpon, hanya saja jumlah kabel didalamnya lebih banyak.

Dalam penggunaan kabel STP/UTP ada dua cara sesuai dengan kebutuhannya :
1. Kabel Lurus (Straight Cable)
2. Kabel Silang (Crossover Cable)

Pemasangan Kabel UTP/STP dengan RJ 45
1. Kabel Lurus (Straight Cable)
Staright Cable adalah sistem pengkabelan antara ujung satu dengan yang lainnya adalah sama.
biasanya digunakan untuk menghubungkan PC dengan Hub/Switch, atau pada jaringan tipe Client Server.



2. Kabel Silang (Crossover Cable)
Crossoverable adalah sistem pengkabelan antara ujung satu dengan yang lainnya saling disilangkan antar pengirim data dan penerima data.
Biasanya digunakan untuk menghubungkan Hub/Switch dengan Hub /Switch atau antar dua PC tanpa menggunakan Hub atau sering kita dengan dengan istilah peer to peer.



Untuk catatan tambahan, pada saat akan memasukkan kabel STP/UTP ke dalam RJ45 posisi warna seperti yg ada pada gambar, sedangkan RJ45 dalam posisi terbalik yaitu posisi tuas yang ada di RJ45 berada dibawah, kencangkan dengan tang kreamping sampai berbunyi 'klik'...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar